Quick Notice

Jangan mudah menyerah dan PUTUS ASA..masih banyak jalan menuju kesuksesan !!!

Teknik Kimia

Senin, 27 Desember 2010 | Edho atau "ikaL"

Hey teman semua...Kali ni aku memposting tentang jurusan yang saat ini sedang aku jalani..Kali aja ada minat buat kalian yang belum kuliah untuk memilih jurusan ini..
yapz..jurusan itu adalah Teknik Kimia..
Tau gak kalian apa itu Teknik Kimia???

Teknik kimia (Inggris: chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.
Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.
Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:
Neraca massa
Neraca energi
Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
Reaksi kimia
Termokimia
Termodinamika
Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:
Mekanika fluida
Ilmu tentang material
Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:
Pengendalian proses kimia
Instrumentasi
Perancangan proses kimia
Penanganan limbah pabrik
Prosedur keselamatan pabrik kimia
Evaluasi ekonomi pabrik kimia
Manajemen proyek

Itu penjelasan secara umum..keren kan teman???
pastinya lah...hehehe
dan yang gak kalah penting yaitu ini..

bedasarkan survey National Association of Colleges and Employers Amerikafor gaji rata2 untuk seorang chemical engineering nih yaitu sekitar :
$60,416

Gede gak tuh??
gaji paling besar di amerika tuh..

Kalo misalnya kerjanya di indonesia nih..kalo yang aku tau gaji yang gede kalo kita kerja di Chevron, Riau...bisa nyampe 10juta lebih tergantung jabatannya. Itu juga belum termasuk tunjangan lainnya..

gmn bro??? tertarik gak sama teknik kimia??

Jadi intinya anak teknik kimia bertanggung jawab merancang suatu pabrik, memikirkan berapa jumlah pekerja yang dibutuhkan mulai dari satpam2nya ampe tenaga2 dari anak mesin, elektro dll, memilirkan brapa jumlah bahan baku, produksi ampe pemasarannya. bisa dikatakan teknik kimia adalah rajanya anak teknik.. dan yang paling menggiurkan, anak teknik kimia ngga bakal kehabisan bidang pekerjaan..
E`ek KEBO aja bisa diubah jadi duit... (jadi kompos apa gas metana)
ahahhaa

Tags: | 2 komentar

2 komentar:

Mira Anggraini mengatakan...

beuh, copas pinanya penjelasannya tu.
hahahahha
piss do..

eh eh cuma ngasih kritik, layoutnya bikin susah org baca isi tulisan km do..
saranku sih cari yg polosan ja, biar nyaman jua yg mbaca. ehehehe
tapi bagus ay, heu

Edho atau "ikaL" mengatakan...

wahhahahha...kda semua kopas mii..
ada sebagian yang memang ak tau..
contohnya yang gaji kerja di chevron tuh..ahhaha
:D

iya sih klo baground'y..pi bagus mii..
nnti dah cri lagi..hehe

Posting Komentar